This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

study tour in java

bersama rekan-rekan seperjuangan

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Buber bersama teman2 TH

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Total Tayangan Halaman

Selasa, 02 April 2013

Review Jurnal Dosen



REVIEW
 JURNAL ARTIKEL ILMIAH


Disusun Sebagai Pengganti UAS 2012/2013
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu : Umum Budi K, M. Hum



 






MUHAMMAD IMAM MUHAJIR
( 203 111 2011 )

JURUSAN USHULUDDIN PRODI TAFSIR HADITS
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012

REVIEW JURNAL DOSEN

Artikel jurnal ilmiah yang saya review berjudul “Strategi Pendidikan Kewirausahaan” ditulis oleh Aris Nur Khamdi sebagai dosen STAIN Pekalongan dalam Jurnal Penelitian Volume 6, Nomor 1, Juni 2008. Dalam jurnal penelitian tersebut, peneliti mempunyai beberapa tujuan diantaranya sebagai berikut  :

1.      Mengetahui faktor-faktor penyebab pengangguran.
2.      Mengetahui dampak dari banyaknya pengangguran.
3.      Memberikan solusi terhadap masalah pengangguran.
4.      Mengetahui manfaat dan tujuan pendidikan kewirausahaan.
5.      Mengetahui model-model penerapan pendidikan kewirausahaan..
      
       Adapun hasil substansi yang ada dalam jurnal penelitian ini adalah masalah pengangguran yang dari waktu ke waktu jumlahnya semakin meningkat. Menurut Departemen Pendidikan Nasional angka pengangguran terdidik, tahun 2008 hampir mencapai 3,5 juta. Sementara Survey yang dilakukan Harian Jurnal Nasional menunjukkan angka yang lebih besar lagi, yakni 4,5 juta penganggur terdidik, yang banyaknya hampir separo dari jumlah penganggur di Indonesia yaitu 9,4 juta. Sedangkan menurut Departemen Tenaga Kerja tentu lebih banyak lagi, karena departemen ini mencatat pengangguran dari berbagai kelompok, mulai yang tidak terdidik, berpendidikan rendah, berpendidikan tinggi, dan sejenisnya.
       Semakin banyaknya jumlah pengangguran menunjukkan bahwa bangsa ini kehilangan salah satu potensi pembangunannya, yakni human capital. Pengangguran juga membawa dampak ekonomi dan psikososial yang membahayakan. Karena itu diperlukan manajemen sumber daya manusia yang lebih baik, diantaranya dengan cara mensinergikan pandangan, kepentingan dan kebutuhan antara dunia pendidikan, pemerintah, industri dan lingkungan.
       Dalam artikel in penulis menyebutkan 3 faktor penyebab pengangguran, yaitu :
1.      Jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan kesempatan kerja (pengangguran deflasioner), hal ini disebabkan semakin bertambahnya populasi bangsa.
2.      Kesempatan kerja dari waktu ke waktu semakin berkurang, diantaranya karena majunya teknologi.
3.      Tingkat kreativitas angkatan kerja relatif belum maksimal (relalif rendah), semisal pada angkatan kerja berpendidikan, biasanya berkonsepsi ingin menekuni karier atau bekerja pada suatu lembaga yang sama, lembaga formal misalnya, sehingga banyak dari mereka yang tidak terpakai.

       Menurut penulis kajian tentang tingginya angka pengangguran ini merekomendasikan pemerintah supaya membangun arah baru pendidikan di Indonesia, dari menciptakan manusia pencari kerja menjadi manusia mandiri, sebagai pencipta lapangan kerja. Pendidikan didorong untuk memberikan wawasan, keberanian dan kecakapan anak didik untuk mengembangkan jiwa wirausaha (enterpreneurship).
       Kemudian penulis juga memberikan solusi bagaimana cara atau model penerapan konsep kewirausahaan dalam pendidikan guna mencetak manusia-manusia yang memiliki jiwa wirausaha. Ada 3 model yang dapat dicoba, yaitu :
1.      Model kolerasi yaitu model pengembangan kurikulum dimana kurikulum tambahan (minor) dijadikan sebagai bagian dari kurikulum utama (mayor).
2.      Model inkubasi atau pembiakan yaitu lebih banyak memfokuskan pada praktik, pengalaman lapangan dan totalitas siswa dalam melibatkan diri dan mengelola latihan kewirausahaan.
3.      Model integrasi kewirausahaan dalam kurikulum yang ada, yaitu dengan mengintegrasikan kewirausahaan dengan domain kurikulum utama, baik dari segi sistem, struktur kurikulum, metodologi hingga evaluasi.
      
       Dalam penulisan jurnal penelitian ini terdapat kelebihan dan kekurangannya. Adapun kelebihan dari jurnal penelitian tersebut adalah (1) isi dalam jurnal tersebut memberikan pengetahuan pembaca akan apa yang diteliti penulis, (2) tata bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami karena menggunakan bahasa awam.
       Selain kelebihan yang telah diuraikan diatas, jurnal penelitian tersebut juga terdapat kekurangannya yakni sistematika penulisan belum tersusun dengan baik dan jelas dikarenakan tidak terdapat bahan dan metode penelitian, serta hasil pembahasan dan kesimpulannya tidak jelas.
Review Artikel Mahasiswa

       Artikel mahasiswa yang saya review berjudul “Pro Dan Kontra Keberadaan Kartu Parkir” yang dimuat dalam LPM Al – Mizan Edisi XVIII Januari – Juni 20 yang ditulis oleh Zidnie Mubarok sebagai reporter majalah Al - Mizan STAIN Pekalongan. Dalam penulisan artikel tersebut, penulis mempunyai beberapa tujuan yang ingin dicapai diantaranya : 
  1. Mengetahui pro dan kontra keberadaan kartu parkir di STAIN Pekalongan.
  2. Mengetahui manfaat adanya kartu parkir.
  3. Memberi penjelasan tentang  maksud dan tujuan peraturan yang tertera pada kartu parkir.
  4. Mengetahui sistem kerja keamanan kampus melalui kartu parkir.
  5. Meningkatkan kewaspadaan diri kepada seluruh jajaran kampus STAIN Pekalongan.
Adapun substansi atau isi dari artikel tersebut yakni meneliti lebih lanjut tentang pro dan kontra keberadaan kartu parkir di wilayah kampus STAIN Pekalongan agar tidak terjadi kesalahfahaman antara pihak mahasiswa dan keamanan mengenai peraturan yang tertera pada kartu parkir yang telah disusun oleh pihak keamanan kampus guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Dalam artikel ini penulis mencoba menelaah mengenai peraturan yang tertera dibalik kartu parkir yang telah disusun oleh pihak keamanan kampus STAIN Pekalongan, yaitu :
  1. Kembalikan kepetugas setelah keluar dari area parkir.
  2. Kehilangan barang atau lainnya bukan tanggung jawab kami.
  3. Menghilangkan tanda parkir dikenakan Rp.20.000 – dan menunjukan STNK untuk dapat membawa motor.

Jika dicermati dengan baik kalimat yang tertera pada poin 2 dan 3 sangat merugikan mahasiswa, karena apabila terjadi  kehilangan barang dari mahasiswa saat parkir menjadi tanggung jawab mahasiswa itu sendiri dan ditambah lagi apabila kartu parkir yang dipegang mahasiswa hilang, maka mahasiswa harus menggantinya dengan uang Rp.20.000.Terus apa tanggung jawab dari pihak keamanan kampus? Kalau semua kehilangan ditanggung mahasiswa sendiri. Hal inilah yang menjadikan kontra antara pihak mahasiswa dan keamanan.
Menanggapi hal ini, kepala satpam STAIN Pekalongan, Yusuf Arifin menegaskan apabila dalam lingkungan parkir terjadi kehilangan seperti jaket, helm, atau yang lainnya bukan tanggungjawab petugas keamanan. Namun bukan berarti mereka tidak bertanggung jawab atau lepas tangan begitu saja, sebagai pihak keamanan mereka tetap bertanggung jawab atas keamanan yang ada, tetapi bukan dalam bentuk penggantian barang yang hilang.
Menurutnya dengan adanya kartu yang hilang justru akan menjadi bumerang bagi pihak keamanan. Karena dihawatirkan kartu yang hilang nantinya akan disalahgunakan oleh salah satu pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyelundup masuk dan kemudian membawa kabur barang yang bukan miliknya seperti motor, apalah arti uang Rp.20.000 dibanding resiko yang akan mereka dapatkan nanti?, tegasnya.
Dia juga menegaskan bahwa peraturan tersebut sudah melalui proses perumusan yang tidak mudah dan telah melalui pemikiran yang panjang antara ketua, kasubag umum, dan pihak keamanan.
Terkait hal ini dia juga menghimbau agar mahasiswa atau siapa pun dapat mengerti dan berpartisipasi dalam menjaga keamanan agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir seminim mungkin.karena tindak kriminal juga bisa berawal dari keteledoran diri kita sendiri.
       Artikel mahasiswa ini dari berbagai aspek mempunyai kelebihan dan kekurangan. Diantara kelebihan dari artikel ini adalah (1) judul artikel telah jelas menggambarkan apa yang ada dalam artikel tersebut, (2) penyajian artikel menggunakan bahasa yang mudah dipahami pembaca, (3) metode penulisan dengan wawancara membuat substansi artikel menjadi lebih akurat.   
       Selain kelebihan yang telah disebutkan diatas, terdapat pula kekurangan dalam artikel ini yakni (1) penulisan judul artikel kurang sesuai karena tidak memenuhi konsep 5 W 1 H, (2) kesimpulan dari artikel mahasiswa yang kurang jelas dan kurang dimengerti pembacanya.


Tenses


T E N S E S
I. PRESENT
   1. Simple Present Tense
    POLA:
Subject + Verb 1 + ….
They /   We
I   /   You
Subject + Verb s-es + ….    
He  /   She
 It
               
     FUNGSI            
     a. Untuk menyatakan suatu kebiasaan (habitual action) atau kegiatan yang terjadi berulang – ulang dan terus menerus.
   Contoh :
* The students go to school everyday.
* She studies English twice a week.
* I go to church on Sundays
* We celebrate our independence day once in a year.
     bUntuk menyatakan kebenaran umum (general truth).
         Contoh:
* The sun rises in the east and sets down in the west.
* The earth revolves round the sun.
* The pineapple never grows up on a tree.
      c. Digunakan dalam bahasa drama, komentar radio dan sejenisnya.
When the curtain rises, Juliet is writing on her desk. Suddenly the window opens and a masked man enters.

      KETERANGAN WAKTU:
  1. Every morning/day/week/month/year
  2. Once, twice, three times, four times, …
  3. Adverb of frequency : always, usually, sometimes, often, never, seldom.
    2. Present Continuous Tense
      POLA :
Subyek + to be (is, am, are) + V-ing
      FUNGSI;
  1. Untuk menyatakan suatu kegiatan yang sedang berlangsung pada waktu diucapkan.
Contoh:
* They are still playing at the moment.
* She is reading a novel now.
  1. Untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung tetapi belum tentu sedang berlangsung ketika pernyataan diucapkan.
Contoh:
*       am learning French this year.
*       Mr. Brown is teaching English.
      KETERANGAN WAKTU:    Now, at the moment, this afternoon, this evening, right now, today.
      Note : Ketika ada kata kerja seperti: Look!, Listen!, Watch!, Notice! ( Imperative), maka tenses
                nya Present Continuous.
      Contoh:     *  Look! The man is climbing.
                 *  Listen! The girls next door are singing my favourite song.
3. Present Perfect Tense
    POLA:
Subject + Have  +  Verb 3 + ….
                 Has

    FUNGSI :
    a. Untuk menyatakan suatu perbuatan yang terjadi pada waktu lampau dan waktunya tidak tertentu.
     Contoh :
*       William Shakespeare has written many short stories.
*       have swept the floor. It looks clean now.

  1. Untuk menyatakan peristiwa yang pernah dilakukan dan mungkin dilakukan lagi di waktu yang akan datang.
Contoh:
*       My friends and I have gone to Bali.
*       Shinta has visited her grand parents many times.

      KETERANGAN WAKTU: Since, for, just (baru saja), already, yet, so far.
4. Present Perfect Continuous Tense
    POLA :
Subject + Have  + Been + Verb-ing
                 Has

    FUNGSI :
Untuk menyatakan suatu kegiatan yang mulai dilakukan pada waktu lampau dan sampai sekarang masih berlangsung.
Contoh:
*       My sister has been studying English for three months.
*       The students have been doing the test since 11 o’clock.
     KETERANGAN WAKTU: For, since.
5. Simple Past Tense
        POLA:
Subject + Verb 2 + Object + ….

       FUNGSI:
Untuk menyatakan kegiatan yang terjadi pada waktu tertentu di masa lampau.
Contoh:
*       met my music teacher yesterday.
*       My mother bought a new carpet last Sunday.
*       Rendy closed the window five minutes ago.
*       The students presented their project work this morning.

       KETERANGAN WAKTU:
-          Last ….                  -       …ago                                             -       This afternoon
-          Just now                -       This morning                                -       Yesterday


6. Past Continuous Tense
         POLA:
Subject + was  + Verb- ing
                were

         FUNGSI:
  1. Untuk menggambarkan peristiwa yang sedang terjadi pada masa lampau.
 Contoh:
*       was studying at my friend’s house.
*       My parents were chatting in the living room.
  1. Untuk menggambarkan suatu peristiwa yang sedang berlangsung pada waktu lampau, dimana peristiwa lain juga terjadi .
Contoh:
*       When I was studying, someone knocked the door.
*       When I was walking to school, I met Dian sastro.

7.  Past Perfect tense
   POLA:
Subject + Had + Verb 3

     FUNGSI:
Untuk menyatakan kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan lain di waktu lampau muncul.
Contoh:  
*       The teachers went home after they had finished teaching.
*       When I arrived Kridosono, my favourite artist had performed.

    KETERANGAN WAKTU: when, after, before.
8. Future Tense
       POLA:
Subject + shall  + Verb 1 + …
                will

       FUNGSI:
  1. Untuk menggambarkan suatu peristiwa yang akan terjadi.
Contoh:
*       Bobby will come here tomorrow.
*       I shall call my parents when I get home.

  1. Untuk menyatakan sesuatu yang terjadi di masa mendatang yangbukan merupakan keinginan atau kehendak.
Contoh:
*       Tomy will be fourteen years old next year.
*       We shall die one day.

      KETERANGAN WAKTU: Tomorrow, next week/month/year, the day after tomorrow.

Future Perfect Tense

will have sung
The future perfect tense is quite an easy tense to understand and use. The future perfect tense talks about the past in the future.

How do we make the Future Perfect Tense?

The structure of the future perfect tense is:
subject
+
auxiliary verb WILL
+
auxiliary verb HAVE
+
main verb
invariable

invariable
past participle
will
have
V3
Look at these example sentences in the future perfect tense:

subject
auxiliary verb

auxiliary verb
main verb

+
I
will

have
finished
by 10am.
+
You
will

have
forgotten
me by then.
-
She
will
not
have
gone
to school.
-
We
will
not
have
left.

?
Will
you

have
arrived?

?
Will
they

have
received
it?
In speaking with the future perfect tense, we often contract the subject and will. Sometimes, we contract the subjectwill and have all together:
I will have
I'll have
I'll've
you will have
you'll have
you'll've
he will have
she will have
it will have
he'll have
she'll have
it'll have
he'll've
she'll've
it'll've
we will have
we'll have
we'll've
they will have
they'll have
they'll've
We sometimes use shall instead of will, especially for I and we.

How do we use the Future Perfect Tense?

The future perfect tense expresses action in the future before another action in the future. This is the past in the future. For example:
  • The train will leave the station at 9am. You will arrive at the station at 9.15am. When you arrive, the train will have left.
The train will have left when you arrive.
past
present
future


Train leaves in future at 9am.
9

9.15


       




You arrive in future at 9.15am.
Look at some more examples:
  • You can call me at work at 8am. I will have arrived at the office by 8.
  • They will be tired when they arrive. They will not have slept for a long time.
  • "Mary won't be at home when you arrive."
    "Really? Where will she have gone?"
You can sometimes think of the future perfect tense like the present perfect tense, but instead of your viewpoint being in the present, it is in the future:
present perfect tense

future perfect tense

|
have |
done |
> |



will |
have |
done |
> |





past
now
future

past
now
future


Rounded Rectangle: SOAL-SOAL LATIHAN1. Every night, the guard turns on all the lights and …around the building every half an hour.
a. walks
b. is walking
c. walked
d. will walk

2. I … my holiday in Bali every year.
a. spent
b. spend
c. will spend
d. am spending

3. My friend … a lot of photographs when she went to Borodudur last month.
a. has taken
b. will take
c. takes
d. took

4. Four years ago, I … in Bojonegoro, East Java.
a. have lived
b. don’t live
c. lived
d. live

5. The students went to the zoo to learn Bilogy ….

a. every Sunday
b. next Sunday
c. last Sunday
d. on Sundays

6. Don’t make noise, please! The baby ….
a. slept
b. sleeps
c. has slept
d. is sleeping

7. I met my Elementary School teacher this morning when I ….
a. was waiting
b. am waiting
c. waited
d. wait

8. Bobby was studying Physics when suddenly someone … the door.
a. was knocking
b. had knocked
c. has knocked
d. knocked

9. Teacher : Wow! What a clean classroom it is.
      Katie     : Yes ma’am. My friend and I … it


a. sweep
b. swept
c. will sweep
d. have swept

10. Windi  : Look ! The flowers are  beautiful. Who … them?
      Lola    : I did, and I watered them regularly.
a. are planting
b. planted
c. plants
d. plant

11. Novi :“Where did you get the CONTACT magazine?
        Jaka  : “ I … it from the library last week. I want to return it now, I … it.
a. borrowed -  read
b. lent – have read
c. read – have borrowed
d. borrowed – have read

12. Dita  : “What are you going to do after graduating from Junior High School?”
    Andi : “ I … my study in vocational school”
a. continue
b. continued
c. will continue
d. have continue

13. Lina  : You look so pale, Han!
      Hani : Really? I … a rest yet all day long.
a. will not                      
b. didn’t take               
c. have taken
d. haven’t taken

14. Rico : Hey, listen! The girls next door …our favourite song.
a. sing                            
b. sings                          
c. will sing
       d. are singing

15. ‘I know that one of my students … in a big company since he graduated.’
a. works        
b. will be working
c. is working 
d. has been working

16.   Andi  : Thom, What were you doing when the
                    earthquake happened?
        Thom : I … soundly.
a.       sleep
b.       slept
c.        was sleeping
d.       had studied

17.   Meta  :  What’s your plan for the coming holiday?
        Reza  :   I … my grandmother in Bandung.       
a.       visit
b.       will visit
c.        am visiting
d.       will be visited

18.     Ihsan        : Have you ever been to Bali?
Disit        :   Yes, I have
Ihsan      :   When … ?
Didit       :   Last year.
a.       will you go there              
b.       have you go there
c.        did you go there
d.       are you going there

       Ina   :   Wow, this floor is so clean.
        Ria   :  Thanks.  My servant (19) … it
        Ina   :   How many times does she (20)… it?
        Ria   :   Twice a day.

19.  a. sweep    b. swept       c. will sweep    d. has swept
20.  a. sweep   b. sweeps      c. sweeping     d. has swept